31.10.12

Kuta Ciamis

Yak selamat pagi saudara semuanya. sekarang saya mau nyoba untuk share lagi tentang perjalanan liputan saya seminggu yang lalu. lokasi kali ini masih ada di jawabarat tapi paling timur nih kali ini. pas banget sama perbatasan jawa barat dan jawa tengah lokasinya. ada di kabupaten ciamis, saya dateng ke kampung adat kuta.

kampung adat kuta ini salah satu kampung atau dusun yang masih memegang teguh kepercayaan adat istiadat dari para leluhur mereka. ya sama seperti suku baduy. cuma kampung adat kuta memang sudah semi semi modern jadi ya tidak mirip banget bangetan sih sama baduy hahahahahaha!

yak! berangkat tanggal 18 rencana pulang tanggal 24!
kesannya lama bener. ya memang lama bener rasanya.

liputan kali ini rasanya beda dengan liputan-liputan saya sebelumnya. kalo sebelumnya, saya biasa meliput wisata alam, kali ini saya datang ke kampung adat. sampai disana, ini adalah pemandangan yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. rumah panggung dengan beratapkan ijuk haha ini bener-bener terakhir kali saya lihat saat saya baksos ke baduy sama temen-temen kampus saya :')

18 oktober 2012. hari pertama. EXCITED ~ ~ !!!
berangkat dari mangga dua sekitar jam setengah sepuluh terus kena macet kena ujan kena makan sore akhirnya sampe ciamis jam empat sore disambut dengan guyuran hujan yang sangat berlebihan haha bersyukur. selamat. tapi tidak diijinkan pihak disbudpar untuk langsung ke lokasi. karena jalurnya berbahaya. sedang hujan dan licin. jadi kami memutuskan untuk stay diciamis semalam.

19 oktober 2012. hari kedua. masih excited.
besok paginya, lanjut perjalanan dan sampai disana langsung ke rumah pak karman, orang yang ditunjuk oleh disbudpar sebagai orang yang akan menjadi narsum dan fasilitator bagi kami. namun sesampainya disana, ternyata pak karman yang dikenal sesepuh adat kampung adat kuta juga mengenalkan kami kepada ketua adat dari kampung kuta. ya pak warsim. sampai akhirnya kami tinggal dirumah pak warsim yang baru dua bulan menjadi ketua adat. setelah disetujui dan akhirnya kami dikenalkan oleh aki, beliau adalah sesepuh dari kampung adat kuta juga. pak warsim bilang, menurut kepercayaan mereka, kalau mau ngambil gambar disekitaran kampung adat kuta, peralatannya harus "didoakan" dulu hahaha ya percaya ga percaya sih ya. takut ngambil resiko nanti gambar ilang, akhirnya kami memutuskan mengikuti kepercayaan dan ritual mereka. akhirnya, peralatan kami mulai dari kamera tripod clipon sampai handie talkie pun di jampe jampeeeeeee~ ~ ~ ~ FUH! setelah dijampe jampe baru deh bisa stockshooottt dan take gambar hahahaha! tapi ada yang membuat gua agak sedikit terkejut, karena disana habis musim kemarau, jadi air masih sedikit dan sumber air lumayan kering untuk dipakai mandi, akhirnya, malamnya mandi pake tampungan air hujan karena sore hari kampung kuta ini diguyur hujan yang sangaattt deraaassss...............

20 oktober 2012. hari ketiga. masih agak excited.
yeay semangat........pagi-pagi sudah siap mandi tentu dengan air hujan kemarin sore. puji tuhan tampuingan air masih sisa beberapa ember lagi :") abis mandi mulai kerja keraaass. rencana yang sudah gua buat di hari sebelumnya, sekarang berubah. ya memang dilokasi kan suka berubah-ubah gitu. oke. hari ini gua belajar gimana membuat gula aren dari nira haha gula aren itu kalo udah masuk kedai kopi internasional itu namanya berubah jadi brown sugar sodara sodari. ternyata buat ginian emang melewati proses cukup panjang banget, mulai dari ngambil nira nya di pohon aren, terus masak kurang lebih 6 sampai 7 jam nunggu sampai kental baru bisa dimasukan kedalam cetakan. terus tunggu kira-kira 15 menit dan cetakan bisa dilepas. tapi setelah dilepas dari cetakan harus tunggu sekitar 1 jam lagi buat akhirnya bisa dilepas dari papannya. dan untuk siap dipack-packin harus tunggu sampe dingin dulu. ya kira-kira baru beres semua-muanya itu magrib. padahal gua dari pagi sekitar jam sepuluhan bikin ginian hahaha. setelah magrib gua ikutin masyarakat kampung kuta itu yang lagi latihan kesenian asli kampung adat kuta, kesenian gembyung atau terbang. alat musik yang dipake yaitu rebana. ya mungkin hampir mirip dengan qosidahan. cuma, gembyung yang mainin harus laki-laki sekitar 6 sampai 7 orang satu tim. lagu-lagu yang mereka mainkan pun lagu keagamaan. ya sekiranya satu jam kemudian mereka selesai dan saya pun kembali kerumah bapak ketua adat buat tidurr. sudah malam.

21 oktober 2012. hari keempat. excited aja.
bangun pagi kali ini, badan masih capek sisa kemaren nonton gembyung sampe jam sembilanan. hem hari ini rencananya, saya mau muter-muter sumber mata air di kampung adat kuta ini, selain itu, muter-muter ke sungai cijolang dan prepare buat besok ke hutan keramat. ya mau ambil sedikit scene ngobrol bareng narsum di depan hutan kramat ini. karena saya ga boleh masuk kehutan keramat besok, jadi sekarang aja ambilnya dan besok bisa ngerjain yang lain lagi haha. berangkat sama aki ke mata air ciasihan. ya ternyata airnya masih kecil banget alirannya, ya karena itu, karena baru masuk musim hujan, jadi air masih sedikit disana. setelah explore mata air ini, gua berangkat ke perkebunan nira milik aki, selain stockshoot pohon nira (tuhkan beda sama rencana awal) ya oke. terus kita ke spot dimana kita bisa ngeliat kampung adat kuta dari atas. ya karena lokasi kampung ini dikelilingi tebing maka kami pergi kedesa atas. selesai. akhirnya, kami lanjut ke sungai cijolang. treking lumayan jauh, air dikit, panas, fuh emosi mulai bergejolak disini. istirahat di pinggiran sungai cijolang dengan keringat netes netes haha setelah seger, terus jalan lagi ke pinggiran hutan keramat lewatin sawah-sawah warga yang emang kering banget karena jarang hujan. aki sendiri pun bilang, karena tiba-tiba turun hujan deras, bikin sawah mereka juga jadi rusak. karena tadinya kering, terus ujan, kering lagi, tanah jadi pecah-pecah. setelah jalan 45 menit, saya sampai dipinggiran hutan keramat. ngobrol-ngobrol sama aki, yah ternyata memang saya ga bisa deh besok -_-

22 oktober 2012. hari kelima. hem excited gak ya?!
rencana hari ini adalah ke hutan keramat untuk ngambil stockshoot, terus abisin chitchat dan abisin stockshoot lain yang masih kurang-kurang. pagi-pagi sudah jalan bersama bapak kuncen dan aki ke hutan keramat. kalo masuk harus nyeker. dan masih ada beberapa larangan lain selain harus nyeker dan yg masuk harus "bersih". karena itu tadi, saya jadi ga bisa masuk. maklum urusan kewanitaan. yasudah, akhirnya kameramen saya masuk mengeksplore hutan kramat selama kurang lebih dua setengah jam bersama aki dan pak kuncen. sebenernya nyesel juga ga bisa masuk kesana. padahal sebelum brangkat liputan ini, saya udah banyak kepikiran mau ini mau itu disana. yah tapi apa daya. setelah selesai di hutan kramat, kami kembali membicarakan tentang lingkungan adat kuta sama aki. karena kampung adat kuta ini memperoleh penghargaan kalpataru pada tahun 2002 makanya saya penasaran mau tanya-tanya sama aki mengenai moment tersebut hahaha. setelah selesai ngobrol-ngobrol kami kembali melengkapi gambar-gambar yang kurang. fuh sampe harus bolak balik ganti baju liputan haha ya ngerjainnya lompat-lompat soalnya. yaudeh ya gitu soalnya ah.

23 oktober 2012. hari keenam. iya deh iya excited.
lokasi kampung yang berada di antara lembah, membuat akses menuju kemanapun sangatlah susah. enggak ada sd smp maupun sma disekitar radius 3 km. jarak waktu ke smp terdekat sekitar satu jam. ngekngok. sempet ngobrol-ngobrol sebentar sama anak pak warsim pas dia mau berangkat sekolah. hari itu, rencana gua ga terlalu padet. cuma ikutin ibunya nyuci, terus siang gua balik ke ciamis. dan sore di ciamis bakal ambil gambar disana lagi. yaaaa ya ya. jadi pagi ini, gua bisa leha-leha dikit. jam menunjukkan jam sembilanan akhirnya saya pun mulai mengikuti si ibu nyuci piring dan baju di mata air yang satunya. ya selesai nyuci-nyuci itu jam dua belasan. pulang. saya istirahat sebentar terus pamit dan terimakasih sama bapak ibu nya :") sore hari sampai diciamis langsung take gambar lagi masih ada beberapa scene. yok semangaaattt. sampai sekitar magrib baru semua-muanya beneran beres. enaaakkkk~ ~ ~ ~

24 oktober 2012. hari ketujuh. PULANG~ ~ ~ !!!
yaudah pulang. seneng deh :")

sampai jumpa di liputan selanjutnya....................................

No comments:

Post a Comment