24.8.12

Jogja - Karanganyar

Ya. baiklah. sudah dua trip lagi gua lewatkan sampai belum sempat gua memposting disini.

13 Juli - 22 Juli 2012
Lama perjalanan trip kali ini adalah 10 hari. ya 10 hari merupakan waktu yang pas untuk membuat pikiran gua berasa hanya ada 6 orang didunia ini. saya teman reporter saya dua kameramen saya driver dan satu narasumber. Ya, sepuluh hari hanya ketemu orang itu aja.
AWKEYH. trip kali ini gua berangkat ke jawa tengah. ke gununug merapi dan ke gunung kidul tepatnya di hutan wanagama. bagian teman reporter saya yang gunung merapi sedangkan saya sendiri kebagian liputan di hutan wanagama.

ada beberapa hal yang "baru" disini menurut saya.
pertama. INI ADALAH PERJALANAN PERTAMA SAYA KELUAR JAWA BARAT. JA WA BAR AT! thank you buat pak produser. mwah.

kedua. ini adalah pertama kalinya saya berangkat ke merapi. benar-benar merapi. walaupun hanya di kaki gunung merapi. biasanya saya cuma ngeliat merapi itu di tivi. dan itu pun saat merapi sedang erupsi. tapi sekarang saya benar-benar berada di merapi. me ra pi. dan puji tuhan keadaan merapi saat ini sudah seperti normal seperti biasa. memang merapi tidak pernah ingkar janji, dia yang mengeluarkan tapi dia memberi. dia mengeluarkan debu dan asap. tapi ternyata dibalik itu merapi juga memberikan kehidupan yang lebih baik buat warganya. banyak sekali pasir. ya, itu membuat warga di sekitar merapi bisa memiliki pekerjaan baru yaitu penambang pasir. mereka bisa membuka warung sederhana, warung makan, penginapan sederhana, karena disekitar kaki gunung merapi sudah dijadikan tempat wisata alam. belum lagi penyewaan jeep atau motor cros bagi wisatawan yang mau naik dan menelusuri jejak jejak larva yang lewat. hasilnya? ekonomi mereka bertambah. perekonomian mereka membaik walaupun ada kenangan yang mungkin mengerikan bagi mereka.

ketiga. saya bisa ketemu langsung sama istrinya mbah marijan.

keempat. ke hutan wanagama. hutan buatan atau hutan yang dijadikan tempat praktek bagi para mahasiswa mahasiswi universitas gajah mada fakultas kehutanan. well, ini adalah hutan buatan. buatan masnusia yang sangat menunjukan betapa besarnya tanggung jawab manusia untuk tetap memelihara dan menjaga

tayangannya masih bakal ada kok. buat tayang hari sabtu 25 agustus jam 21.00 sama sabtu 1 september jam 21.00 juga! :)

seminggu setelah kepulangan saya dari jegjakardah. akhirnya kembali saya berangkat liputan. ke karanganyar, jawa tengah.

7 Agustus-16 Agustus 2012
Masih dengan 5 personil nature bestfriend, berangkat dari pantai indah kapuk jam setengah sepuluh. perjalanan. dan akhirnya pada pukul setengah dua malam mobil KIA Sportage yang kami tunggangi mogok. ya mogok sodara sodara. mo gok.

dengan alasan kesehatan dan tentu keselamatan kamera. kami memutuskan untuk mencari penginapan. si kia pun dengan baiknya masih bisa berjalan. walaupun jalannya cuma 10km perjam gua rasa. dan akhirnya kami mendapatkan penginapan. walau terlihat seperti hotel esek-esek. hergh. tapi ya gimana dong, si kia tiba tiba mati total saat sampai persis di parkiran hotel esek esek ini. MATOT! GOOD JOB KIA! GOOD JOOOBBBB!


kan! see! lihat harganya! apa dong kalo bukan esek esek-_-









ya akhirnya keesokan harinya pun kami terangkut ke daerah karanganyar, ke wanawisata sekipan :) horay. berada di kaki gunung lawu. diketinggian 1100 dpl bikin daerah ini kaya puncak. hem. cibodas sih lebih tepatnya kalo menurut saya. banyak hotel maupun "hotel". ya gitu deh. mana dingin kan. lah apa sih. 

seperti wanawisata pada umumnya, disini juga ada fasilitas camp ground dan tentu dengan air terjun yang harus naik turun bukit pepohonan dan jejurangan yang semi semi kurang menantang. hem tapi yang pertama kali saya rasain disini juga adalah rasanya naik ATV. yeah let me be tacky. hahahahahaha \o/

oia, diluar liputan gua, disekitar sekipan ini, ada sebuah restoran sop sapi enak banget sumpah enggak pake bohong. harganya 17ribu tapi banyaknya seampun ampun. terus lagi sambelnya kaya petis gitu. AH YAUDALAH POKOKNYA ENAK BANGET!

setelah sekipan, gua ke perkebunan strawberi, setelah itu ke grojogan sewu. hanya air terjun saja kok haha. tapi bagus sekali. karena terakhir kali gua ke grojogan sewu adalah saat kelas tiga smp bersama teman-teman study tour. siapa sangka ya gua kesitu lagi pas udah kerja. hahahaha. lama banget.

beberapa hari di sekipan dan grojogan sewu. kemudian kami beralih ke daerah wisata sukuh dan cetho. ada apa disana?

disana ada candi teman teman. candi sukuh dan candi cetho. kedua candi ini dibangun pada saat kerajaan majapahit hampir runtuh. ada yang unik dari kedua candi ini. candi ini merupakan beberapa candi erotis. WHAT? iya candi erotis. karena di candi ini, ada cerita bagaimana manusia bisa ada. mulai dari berbentuk sel telur yang ketemu sperma terus berubah menjadi bakal anak sampai akhirnya bisa jadi anak, dewasa, tua dan mati. itu sebabnya kenapa kedua candi ini menghadap ke arah barat.

"candi ini kenapa ngadep ke barat ya ia?"
"mungkin rajanya suka ngeliat sunset kali ka"

ternyata tebakan saya salah pemirsa. malah jatuhnya sotoy.
candi ini menghadap ke barat karena kehidupan manusia itu sebenernya hampir mirip kaya matahari. Ada saatnya dia terbit (utara) dan ada saatnya dia diatas dan ada saatnya dia terbenam atau mati (barat). artinya ini juga menceritakan candi sukuh maupun cetho ini sendiri yang saat dibangun oleh kerajaan majapahit, kerajaan ini hampir runtuh dan mati.

ngerti? gua yakin pembaca gua pinter pinter kok.

selain cerita cerita itu, di candi erotis ini (ya biarkan saya menyebutnya seperti itu ya) juga banyak terpasang lambang lingga-yoni. lingga dilambangkan dengan alat vital laki-laki. jadi bentuknya begetooooooo. terus yoni dilambangkan dengan alat vital perempuan. jadi bentuknya juga begetooooo. thats why kenapa candi erotis.

tapi tayangan yang ini masih lama. buat 8, 15 sama 22 september.

YAUDA SIH GITU AJA.

oia gua dikantor loh ini ;;)