31.10.12

Kuta Ciamis

Yak selamat pagi saudara semuanya. sekarang saya mau nyoba untuk share lagi tentang perjalanan liputan saya seminggu yang lalu. lokasi kali ini masih ada di jawabarat tapi paling timur nih kali ini. pas banget sama perbatasan jawa barat dan jawa tengah lokasinya. ada di kabupaten ciamis, saya dateng ke kampung adat kuta.

kampung adat kuta ini salah satu kampung atau dusun yang masih memegang teguh kepercayaan adat istiadat dari para leluhur mereka. ya sama seperti suku baduy. cuma kampung adat kuta memang sudah semi semi modern jadi ya tidak mirip banget bangetan sih sama baduy hahahahahaha!

yak! berangkat tanggal 18 rencana pulang tanggal 24!
kesannya lama bener. ya memang lama bener rasanya.

liputan kali ini rasanya beda dengan liputan-liputan saya sebelumnya. kalo sebelumnya, saya biasa meliput wisata alam, kali ini saya datang ke kampung adat. sampai disana, ini adalah pemandangan yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. rumah panggung dengan beratapkan ijuk haha ini bener-bener terakhir kali saya lihat saat saya baksos ke baduy sama temen-temen kampus saya :')

18 oktober 2012. hari pertama. EXCITED ~ ~ !!!
berangkat dari mangga dua sekitar jam setengah sepuluh terus kena macet kena ujan kena makan sore akhirnya sampe ciamis jam empat sore disambut dengan guyuran hujan yang sangat berlebihan haha bersyukur. selamat. tapi tidak diijinkan pihak disbudpar untuk langsung ke lokasi. karena jalurnya berbahaya. sedang hujan dan licin. jadi kami memutuskan untuk stay diciamis semalam.

19 oktober 2012. hari kedua. masih excited.
besok paginya, lanjut perjalanan dan sampai disana langsung ke rumah pak karman, orang yang ditunjuk oleh disbudpar sebagai orang yang akan menjadi narsum dan fasilitator bagi kami. namun sesampainya disana, ternyata pak karman yang dikenal sesepuh adat kampung adat kuta juga mengenalkan kami kepada ketua adat dari kampung kuta. ya pak warsim. sampai akhirnya kami tinggal dirumah pak warsim yang baru dua bulan menjadi ketua adat. setelah disetujui dan akhirnya kami dikenalkan oleh aki, beliau adalah sesepuh dari kampung adat kuta juga. pak warsim bilang, menurut kepercayaan mereka, kalau mau ngambil gambar disekitaran kampung adat kuta, peralatannya harus "didoakan" dulu hahaha ya percaya ga percaya sih ya. takut ngambil resiko nanti gambar ilang, akhirnya kami memutuskan mengikuti kepercayaan dan ritual mereka. akhirnya, peralatan kami mulai dari kamera tripod clipon sampai handie talkie pun di jampe jampeeeeeee~ ~ ~ ~ FUH! setelah dijampe jampe baru deh bisa stockshooottt dan take gambar hahahaha! tapi ada yang membuat gua agak sedikit terkejut, karena disana habis musim kemarau, jadi air masih sedikit dan sumber air lumayan kering untuk dipakai mandi, akhirnya, malamnya mandi pake tampungan air hujan karena sore hari kampung kuta ini diguyur hujan yang sangaattt deraaassss...............

20 oktober 2012. hari ketiga. masih agak excited.
yeay semangat........pagi-pagi sudah siap mandi tentu dengan air hujan kemarin sore. puji tuhan tampuingan air masih sisa beberapa ember lagi :") abis mandi mulai kerja keraaass. rencana yang sudah gua buat di hari sebelumnya, sekarang berubah. ya memang dilokasi kan suka berubah-ubah gitu. oke. hari ini gua belajar gimana membuat gula aren dari nira haha gula aren itu kalo udah masuk kedai kopi internasional itu namanya berubah jadi brown sugar sodara sodari. ternyata buat ginian emang melewati proses cukup panjang banget, mulai dari ngambil nira nya di pohon aren, terus masak kurang lebih 6 sampai 7 jam nunggu sampai kental baru bisa dimasukan kedalam cetakan. terus tunggu kira-kira 15 menit dan cetakan bisa dilepas. tapi setelah dilepas dari cetakan harus tunggu sekitar 1 jam lagi buat akhirnya bisa dilepas dari papannya. dan untuk siap dipack-packin harus tunggu sampe dingin dulu. ya kira-kira baru beres semua-muanya itu magrib. padahal gua dari pagi sekitar jam sepuluhan bikin ginian hahaha. setelah magrib gua ikutin masyarakat kampung kuta itu yang lagi latihan kesenian asli kampung adat kuta, kesenian gembyung atau terbang. alat musik yang dipake yaitu rebana. ya mungkin hampir mirip dengan qosidahan. cuma, gembyung yang mainin harus laki-laki sekitar 6 sampai 7 orang satu tim. lagu-lagu yang mereka mainkan pun lagu keagamaan. ya sekiranya satu jam kemudian mereka selesai dan saya pun kembali kerumah bapak ketua adat buat tidurr. sudah malam.

21 oktober 2012. hari keempat. excited aja.
bangun pagi kali ini, badan masih capek sisa kemaren nonton gembyung sampe jam sembilanan. hem hari ini rencananya, saya mau muter-muter sumber mata air di kampung adat kuta ini, selain itu, muter-muter ke sungai cijolang dan prepare buat besok ke hutan keramat. ya mau ambil sedikit scene ngobrol bareng narsum di depan hutan kramat ini. karena saya ga boleh masuk kehutan keramat besok, jadi sekarang aja ambilnya dan besok bisa ngerjain yang lain lagi haha. berangkat sama aki ke mata air ciasihan. ya ternyata airnya masih kecil banget alirannya, ya karena itu, karena baru masuk musim hujan, jadi air masih sedikit disana. setelah explore mata air ini, gua berangkat ke perkebunan nira milik aki, selain stockshoot pohon nira (tuhkan beda sama rencana awal) ya oke. terus kita ke spot dimana kita bisa ngeliat kampung adat kuta dari atas. ya karena lokasi kampung ini dikelilingi tebing maka kami pergi kedesa atas. selesai. akhirnya, kami lanjut ke sungai cijolang. treking lumayan jauh, air dikit, panas, fuh emosi mulai bergejolak disini. istirahat di pinggiran sungai cijolang dengan keringat netes netes haha setelah seger, terus jalan lagi ke pinggiran hutan keramat lewatin sawah-sawah warga yang emang kering banget karena jarang hujan. aki sendiri pun bilang, karena tiba-tiba turun hujan deras, bikin sawah mereka juga jadi rusak. karena tadinya kering, terus ujan, kering lagi, tanah jadi pecah-pecah. setelah jalan 45 menit, saya sampai dipinggiran hutan keramat. ngobrol-ngobrol sama aki, yah ternyata memang saya ga bisa deh besok -_-

22 oktober 2012. hari kelima. hem excited gak ya?!
rencana hari ini adalah ke hutan keramat untuk ngambil stockshoot, terus abisin chitchat dan abisin stockshoot lain yang masih kurang-kurang. pagi-pagi sudah jalan bersama bapak kuncen dan aki ke hutan keramat. kalo masuk harus nyeker. dan masih ada beberapa larangan lain selain harus nyeker dan yg masuk harus "bersih". karena itu tadi, saya jadi ga bisa masuk. maklum urusan kewanitaan. yasudah, akhirnya kameramen saya masuk mengeksplore hutan kramat selama kurang lebih dua setengah jam bersama aki dan pak kuncen. sebenernya nyesel juga ga bisa masuk kesana. padahal sebelum brangkat liputan ini, saya udah banyak kepikiran mau ini mau itu disana. yah tapi apa daya. setelah selesai di hutan kramat, kami kembali membicarakan tentang lingkungan adat kuta sama aki. karena kampung adat kuta ini memperoleh penghargaan kalpataru pada tahun 2002 makanya saya penasaran mau tanya-tanya sama aki mengenai moment tersebut hahaha. setelah selesai ngobrol-ngobrol kami kembali melengkapi gambar-gambar yang kurang. fuh sampe harus bolak balik ganti baju liputan haha ya ngerjainnya lompat-lompat soalnya. yaudeh ya gitu soalnya ah.

23 oktober 2012. hari keenam. iya deh iya excited.
lokasi kampung yang berada di antara lembah, membuat akses menuju kemanapun sangatlah susah. enggak ada sd smp maupun sma disekitar radius 3 km. jarak waktu ke smp terdekat sekitar satu jam. ngekngok. sempet ngobrol-ngobrol sebentar sama anak pak warsim pas dia mau berangkat sekolah. hari itu, rencana gua ga terlalu padet. cuma ikutin ibunya nyuci, terus siang gua balik ke ciamis. dan sore di ciamis bakal ambil gambar disana lagi. yaaaa ya ya. jadi pagi ini, gua bisa leha-leha dikit. jam menunjukkan jam sembilanan akhirnya saya pun mulai mengikuti si ibu nyuci piring dan baju di mata air yang satunya. ya selesai nyuci-nyuci itu jam dua belasan. pulang. saya istirahat sebentar terus pamit dan terimakasih sama bapak ibu nya :") sore hari sampai diciamis langsung take gambar lagi masih ada beberapa scene. yok semangaaattt. sampai sekitar magrib baru semua-muanya beneran beres. enaaakkkk~ ~ ~ ~

24 oktober 2012. hari ketujuh. PULANG~ ~ ~ !!!
yaudah pulang. seneng deh :")

sampai jumpa di liputan selanjutnya....................................

12.10.12

where we are

when starlight falls
my love will guide you home
you'll never be alone
when there are no more heroes

-no more heroes

24.9.12

subang subing subung

Pikiran bodoh yang selalu terngiang diotak gua sebelum gua berangkat menuntaskan trip gua yang ini adalah: Kira-kira gua bakal pulang dengan selamat ga yah?

liputan kali ini agak berbeda. pertama, gua berangkat trip kali ini bareng sama aji. kameramen sahabat alam yang jago banget. kenapa gua bilang jago? gua cuma bawa satu kameramen tapi pake dua kamera haha!

kedua, gua berangkat ke daerah subang. subang selatan dan subang selatan. subang selatan berati deket-deket ciater daerah lembang sanaan dikit. udara dingin sejuk hemm enak. gua pergi ke daerah kawasan wisata alam capolaga. Disana ada banyak curug loh. so, jadi bisa buat leha-leha menghilangkan kepenatan kota jakarta nih kalo pada mau liburan yeh. tapi di capolaganya ga ada penginapan. hem apalagi ya? oia liputan ini pas banget gua lagi dapet hari pertama. alhasil liputan hari pertama ini harus diundur sampe tengah hari baru mulai liputan deh.

ketiga, selesai dari capolaga gua cus ke subang utara yang tidak lain ada di daerah pantura sodara sodaraaa. panas? oh iya tentu. gersang? wuh bukan main. hotel? lupakanlah. dan liputan di subang utara inilah yang membuat gua berpikiran yang tidak-tidak. gua meliput tentang buaya muara. buaya muara yang terkenal menjadi salah satu jenis buaya terbesar dan terganas itooohhhhh. memang antara profesional sama nekad itu sangat tipis sekali. buaya sebesar 5 meter itu harus gua hadapi :") tapi gua seneng loh ga semua orang berani buat ngelakuin apa yang gua lakuin gitu. megang megang buaya gede gitu *muka sotoy emotikon bebe* *horaayyy*


24.8.12

Jogja - Karanganyar

Ya. baiklah. sudah dua trip lagi gua lewatkan sampai belum sempat gua memposting disini.

13 Juli - 22 Juli 2012
Lama perjalanan trip kali ini adalah 10 hari. ya 10 hari merupakan waktu yang pas untuk membuat pikiran gua berasa hanya ada 6 orang didunia ini. saya teman reporter saya dua kameramen saya driver dan satu narasumber. Ya, sepuluh hari hanya ketemu orang itu aja.
AWKEYH. trip kali ini gua berangkat ke jawa tengah. ke gununug merapi dan ke gunung kidul tepatnya di hutan wanagama. bagian teman reporter saya yang gunung merapi sedangkan saya sendiri kebagian liputan di hutan wanagama.

ada beberapa hal yang "baru" disini menurut saya.
pertama. INI ADALAH PERJALANAN PERTAMA SAYA KELUAR JAWA BARAT. JA WA BAR AT! thank you buat pak produser. mwah.

kedua. ini adalah pertama kalinya saya berangkat ke merapi. benar-benar merapi. walaupun hanya di kaki gunung merapi. biasanya saya cuma ngeliat merapi itu di tivi. dan itu pun saat merapi sedang erupsi. tapi sekarang saya benar-benar berada di merapi. me ra pi. dan puji tuhan keadaan merapi saat ini sudah seperti normal seperti biasa. memang merapi tidak pernah ingkar janji, dia yang mengeluarkan tapi dia memberi. dia mengeluarkan debu dan asap. tapi ternyata dibalik itu merapi juga memberikan kehidupan yang lebih baik buat warganya. banyak sekali pasir. ya, itu membuat warga di sekitar merapi bisa memiliki pekerjaan baru yaitu penambang pasir. mereka bisa membuka warung sederhana, warung makan, penginapan sederhana, karena disekitar kaki gunung merapi sudah dijadikan tempat wisata alam. belum lagi penyewaan jeep atau motor cros bagi wisatawan yang mau naik dan menelusuri jejak jejak larva yang lewat. hasilnya? ekonomi mereka bertambah. perekonomian mereka membaik walaupun ada kenangan yang mungkin mengerikan bagi mereka.

ketiga. saya bisa ketemu langsung sama istrinya mbah marijan.

keempat. ke hutan wanagama. hutan buatan atau hutan yang dijadikan tempat praktek bagi para mahasiswa mahasiswi universitas gajah mada fakultas kehutanan. well, ini adalah hutan buatan. buatan masnusia yang sangat menunjukan betapa besarnya tanggung jawab manusia untuk tetap memelihara dan menjaga

tayangannya masih bakal ada kok. buat tayang hari sabtu 25 agustus jam 21.00 sama sabtu 1 september jam 21.00 juga! :)

seminggu setelah kepulangan saya dari jegjakardah. akhirnya kembali saya berangkat liputan. ke karanganyar, jawa tengah.

7 Agustus-16 Agustus 2012
Masih dengan 5 personil nature bestfriend, berangkat dari pantai indah kapuk jam setengah sepuluh. perjalanan. dan akhirnya pada pukul setengah dua malam mobil KIA Sportage yang kami tunggangi mogok. ya mogok sodara sodara. mo gok.

dengan alasan kesehatan dan tentu keselamatan kamera. kami memutuskan untuk mencari penginapan. si kia pun dengan baiknya masih bisa berjalan. walaupun jalannya cuma 10km perjam gua rasa. dan akhirnya kami mendapatkan penginapan. walau terlihat seperti hotel esek-esek. hergh. tapi ya gimana dong, si kia tiba tiba mati total saat sampai persis di parkiran hotel esek esek ini. MATOT! GOOD JOB KIA! GOOD JOOOBBBB!


kan! see! lihat harganya! apa dong kalo bukan esek esek-_-









ya akhirnya keesokan harinya pun kami terangkut ke daerah karanganyar, ke wanawisata sekipan :) horay. berada di kaki gunung lawu. diketinggian 1100 dpl bikin daerah ini kaya puncak. hem. cibodas sih lebih tepatnya kalo menurut saya. banyak hotel maupun "hotel". ya gitu deh. mana dingin kan. lah apa sih. 

seperti wanawisata pada umumnya, disini juga ada fasilitas camp ground dan tentu dengan air terjun yang harus naik turun bukit pepohonan dan jejurangan yang semi semi kurang menantang. hem tapi yang pertama kali saya rasain disini juga adalah rasanya naik ATV. yeah let me be tacky. hahahahahaha \o/

oia, diluar liputan gua, disekitar sekipan ini, ada sebuah restoran sop sapi enak banget sumpah enggak pake bohong. harganya 17ribu tapi banyaknya seampun ampun. terus lagi sambelnya kaya petis gitu. AH YAUDALAH POKOKNYA ENAK BANGET!

setelah sekipan, gua ke perkebunan strawberi, setelah itu ke grojogan sewu. hanya air terjun saja kok haha. tapi bagus sekali. karena terakhir kali gua ke grojogan sewu adalah saat kelas tiga smp bersama teman-teman study tour. siapa sangka ya gua kesitu lagi pas udah kerja. hahahaha. lama banget.

beberapa hari di sekipan dan grojogan sewu. kemudian kami beralih ke daerah wisata sukuh dan cetho. ada apa disana?

disana ada candi teman teman. candi sukuh dan candi cetho. kedua candi ini dibangun pada saat kerajaan majapahit hampir runtuh. ada yang unik dari kedua candi ini. candi ini merupakan beberapa candi erotis. WHAT? iya candi erotis. karena di candi ini, ada cerita bagaimana manusia bisa ada. mulai dari berbentuk sel telur yang ketemu sperma terus berubah menjadi bakal anak sampai akhirnya bisa jadi anak, dewasa, tua dan mati. itu sebabnya kenapa kedua candi ini menghadap ke arah barat.

"candi ini kenapa ngadep ke barat ya ia?"
"mungkin rajanya suka ngeliat sunset kali ka"

ternyata tebakan saya salah pemirsa. malah jatuhnya sotoy.
candi ini menghadap ke barat karena kehidupan manusia itu sebenernya hampir mirip kaya matahari. Ada saatnya dia terbit (utara) dan ada saatnya dia diatas dan ada saatnya dia terbenam atau mati (barat). artinya ini juga menceritakan candi sukuh maupun cetho ini sendiri yang saat dibangun oleh kerajaan majapahit, kerajaan ini hampir runtuh dan mati.

ngerti? gua yakin pembaca gua pinter pinter kok.

selain cerita cerita itu, di candi erotis ini (ya biarkan saya menyebutnya seperti itu ya) juga banyak terpasang lambang lingga-yoni. lingga dilambangkan dengan alat vital laki-laki. jadi bentuknya begetooooooo. terus yoni dilambangkan dengan alat vital perempuan. jadi bentuknya juga begetooooo. thats why kenapa candi erotis.

tapi tayangan yang ini masih lama. buat 8, 15 sama 22 september.

YAUDA SIH GITU AJA.

oia gua dikantor loh ini ;;)

9.7.12

BEUF!

well, menjalani kerja membuat gua harus bergelut sama ribuan penumpang kereta api setiap harinya. haha. setelah hampir satu tahun gua bekerja. banyak macam-macam penumpang kereta yang bisa gua temukan disana:

here you go.........

yang pertama. penumpang yang pertama kali naik kereta
penumpang ini jenis penumpang yang engga mau kesenggol. udah tau kereta penuh woi tapi kalo kesenggol marah. kesodok tas dikit langsung ngomel. langsung teriak teriak engga jelas. selain itu, penumpang yang baru pertama kali naik kereta itu biasanya bawel. bawel ga bisa turun lah. bawel ga bisa bergerak lah. bawel kakinya keinjek lah. ujungnya, kalo enggak dia yang marah-marah ya dia yang dimarahin sama penumpang yang "senior". lah ilah.

yang kedua. penumpang yang ikutin arus pergerakan
Penumpang yang kaya gini juga rada nyebelin. dia stay cool diem enggak ngomel kalo kedorong. tapi dia yang justru mendorooong!! biasanya penumpang yang kaya gini, berdiri ditengah gerbong yang enggak ada pegangannya. terus yang paling kelihatan kalo dia pasrah sama arus kereta itu karena mereka biasanya sambil maen blackberry atau bahkan android mereka, cekikikan, terus yang dijadiin tumpuan dia nyender senep bener! hah!

yang ketiga. bukan penumpang hamil biasa.
Mereka memang termasuk pemegang priority terbesar dalam per-kereta-an. ya tapi kalo minta tempat duduk itu yang baik. yang manis kan bisa. enggak harus marah-marah apalagi nyolot. wei.

yang keempat. penumpang yang berkawan.
Kadang kala mereka mengasyikan kadang kala mereka menyebalkan. mereka mengasyikan karena mereka bias memahami kita bagaimana keadaan kita jadi kalo dalam keadaan terdorong-dorong atau terjepit didalem gerbong kereta yang masyaallah, mereka mau mengeluarkan kita dari keterjepitan. tapi ada kalanya, mereka menyebalkan, biasanya didalem gerbong kereta itu penumpang yang "sudah sangat senior" didunia perkeretaan akan nge-genk. apa ye bahasa asiknya. hem. oh bergerombol atau berkelompok gitu. nah yang kaya gini kadang memberikan efek negatif. satu, padahal bangku kosong tapi suka pada nge-take-in bangku buat temennya yang naik stasiun depan. terus pada ngobrol kenceng banget berasa kereta milik mereka. woi ganggu nyiet.

yang kelima. penumpang yang tidak tahu malu.
NAAAHHH!!!! gini deh, honestly, gua kadang juga suka bawa kursi lipet atau kursi cadangan itu yeh. tapi gua tau diri men, kalo semisalnya penuh banget atau kira-kira cuma berjarak satu jengkal tiap penumpangnya gua juga akan ga akan duduk. tapi kalo ini ada aja, uda sempit masih maksa duduk.penumpang banyak malah sok-sokan engga ngeliat malah geser-geser kursi lipet. terus yang paling jengkelin itu, kalo keadaan kereta udah super duper penuh banget sampe kentut aja susah, eh dia maksa duduk walaupun ngemper dilantai aja gitu. terus malah asik-asikan main android kaya orang tolol! HAH kesel banget gua. terus ada lagi, yang nyender tapi ternyata dia tidur. MEN WOI LU SENDERAN KE GUA DAN LU TIDUR?! LU KIRA GUA GULING!!!

Fuh. yang terakhir cukup bikin emosional pemirsa. Sekian.

26.6.12

TRIP KE-ENAM!!

Ternyata kota Bogor enggak cuma kaya akan tempat wisata kuliner dan factory outletnya aja loh. FYI yah, ternyata dikota Bogor itu banyak banget nyimpen potensi alam. Seperti lokasi peliputan gua seminggu kebelakang.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Enggak nyangka juga, saat gua riset tentang twa gunung pancar ini, ternyata gua menemukan lokasi pembuatan film modus anomali. Ya, film modus anomali yang mengisahkan si abang ganteng psikopat kehilangan keluarganya ditengah hutan yang berada di Kanada dengan pemandangan yang indah ditambah pohon pinus yang buanyak banget, eh ternyata oh ternyata itu cuma ada di Bogor sodara sodara. Bukan di Kanada. tapi beneran keren tempatnya, buat prewedding buat foto sesion buat maen petak umpet maen lari larian ya pokoknya enak deh buat maen maenan. di twa ini dominan memang pohon pinus karena tadinya kawasan ini merupakan hutan produksi yang dikelola sama perhutani. di twa ini juga ada trek buat sepeda gunung, pas gua kesana kebetulan ada orang yang lain latihan sepeda gunung. hem namanya kalo ga salah itu down hill. keren sih. orangnya maksud gua. eh. hoahahaha.

udaranya juga enak, adem-adem empuk gitu. jaraknya dari bogor atau jakarta pun tidak terlalu jauuhh. masuk tol jakarta mana aje pokoknya keluarnya di sentul city terus dari keluar tol sentul city ambil kanan sampe ke perumahan nirwana yauda deh terus ambil kanan lagi terus lurus aja. ga jauh kok. beneran deh. dari bogor cuma sekitar setengah jam, dari jakarta sekitar satu setengah jam.

tapi yang kurang karena engga ada penginapan disekitar situ. palingan, yang paling deket nih, itu ada hotel sesuatu lumayan berbintang yang kisaran harganya 560 permalem. selain itu enggak ada lagi, kalo mau cari yang lebih murah harus geser sampe bogor. Oia dan tiket retribusi masuk twa ini cukup sangat murah kok, 1500 buat mobil 2000 buat satu orang. Murahkan? Jadi kalo mau liat view seperti di Kanada, ya tinggal dateng aja sih ke Bogor :))

Pemandian air panas gunung pancar

nah lokasi kedua ini, juga sama didalem lokasi twa gunung pancar. jadi sebenernya ini memang kawasan gunung pancar cuma masih berada di kawasan enklap (aduh saya lupa tulisannya) hem kawasan enklap itu kawasan perorangan yang ada didalam kawasan konservasi atau yang dilindungi ya jadinya ya gitu deh ye pokoknya. ada perdebatan khusus untuk lokasi air panas ini. ya tapi yang penting mah, air panas ini seru.

jadi sumber air panas di gunung pancar berasal dari tanah yang keluar di kaki gunung pancar. ada tiga sumber sebenernya, tapi  gua hanya mendatangi satu sumber air panas saja yang sudah dimanfaatkan. kenapa? karena memang yang dua sumber lagi ditutup. gitu. sumber air panas disini memiliki suhu sekitar 60-65 derajat celcius. kita ga bisa nyobain airnya langsung di sumber karena itu juga ngeliatnya dari jauh ye, kita bisa ngerasain airnya saat dia sudah ditampung di kolam penampungan. nah dari sini gua coba nyemplungin kaki gua di kolem penampungan, ya rabbi, rasanya nylekit2 kaya orang kesiram aer panas baru mateng. beuh. tapi ya ga melepuhlah. kan suhunya cuma 60 derajat enggak lebih.

selain itu, air panas disini tidak mengandung belerang, sodara-sodara. beda sama sumber air panas ditempat lain, disini air panasnya hanya mengandung mineral. ya mineral. dan enol belerang. sehingga air panas disini bisa dibuat pengobatan alternatif loh. kebetulan air panas ini dikelola oleh perorangan. dikelola oleh sepasang suami istri. kalo mau berendem2 gitu ada kolam khusus keluarga, ada juga buat ramean dan harganya enggak gitu mahal. kolam keluarga seratus ribu, terapi lima puluh ribu, kalo kolam ramean kayanya ga sampe lima puluh deh. Udah gitu, bayar loketnya juga murah cuma sepuluh ribu buat satu mobil sampe mabok aer panas!!

dan sebenernya ada dua sumber air panas lagi. yang kedua itu kawah hitam, sekitaran panasnya 80 derajat celciusan dan yang terakhir adalah kawah merah yang panasnya sekitaran 90 derajat. hem ya pantes aja ya, itu ditutup juga buat masyarakat. coba kalo kecemplung. Uhuk.

Curug cipamingkis dan Curug Arca


Kalo dua curug ini adanya di desa cibadak kecamatan sukamakmur dan masih termasuk kedalam kota bogor. jarak tempuhnya sekitar satu setengah jam dari twa gunung pancar yang berati dua jam dari kota bogor. ya namanya curug ya, ada yang ga tau curug apaan lagi? curug itu aer terjun coy!! curug itu cuma nama samaran aje biar keren.

ya itu, yang namanya curug ya dimana mana sama. ada aer deras yang jatuh dari tebing tapi emang bagus banget sih, secara ya di jakarta mana ada begituan yeh. udaranya udah mulai dingin kalo disini. seru lah. selama liputan disini gua harus tidur dirumah warga. dirumah warga yang seadanya. hem. kamar mandinya semi semi outdoor gitu. toiletnya disebelah kandang kambing. tapi ini seru sih, pengalaman baru, cerita baru tentunya hahahaha!


13.6.12

OH MY GOSH!

gini deh ya, btw, ini udah lama banget dari postingan terakhir gua, sampai gua ngepost lagi dan tetibaan aje ini layout blohgspot uda berubah terus gua tadi sempet kebingungan sedikit. huft. yasudahlah.

YEAY. KARENA CINTA AKHIRNYA AKU ADA! #OKESIP

sebenernya saya bukan petualang, namun hanya karena faktor pekerjaan yang membuat saya harus berpetualang. Meski senang berpetualang, namun saya tetap ingat jalan pulang!!

langsung saja ya, sebenernya gua cuma mau cerita trip-trip dari petualangan gua aja. maaf kalo yang perjalanan ini enggak ada fotonya. hem.

trip kedua:
setelah trip pertama gua mengunjungi jejak krakatau dan banten, kali ini gua menyambangi pulau sangiang. ya pulau yang adanya di banten itu bisa kita tempuh dengan naik kapal dari pelabuhan paku di Carita, Anyer. Di pulau sangiang, lu ga cuma bisa liat kekayaan alam bawah laut indonesia cing. pulau sangiang, menurut gua, adalah pulau yang sangat lengkap untuk berpetualang atau berwisata. ya seperti yang gua bilang barusan, enggak cuma pemandangan bawah lautnya doang, disana lo bisa menemukan dan menikmati pemandangan laut dan secuil pulau sumatra yang baaguuuus banget. hutan pegunungannya yang masih nyimpen populasi rusa dan babi hutan ini akan membuat lo terpana dengan pemandangan yang dijanjkan. BEUH. apalagi kalo lo naik ke menara pantau setinggi kurang lebih 100meter diatas permukaan laut. BEUH. sensasi digoyangin angin diatas susunan besi-besi setinggi 70 meter itu mennnnnnnnnnn!!!!!!!

ga cuma itu aja, di pulau sangiang, lo juga bisa liat bangunan bersejarah. hem bangunan bersejarah yang digunakan militer jepang saat melawan indonesia untuk penyamaran dan pembentengan mereka. mulai bangunan rumah sakit, ruang tahanan, sampai bangunan pertahanan. dan lo masih bisa melihat senjata mereka bos. yaitu meriam! waw. masih kokoh dan masih bagus.

ada juga disana, goa kelelawar. ya dinamain goa kelelawar karena emang didalem goa itu banyak banyak banget banget bangetan kelelawarnya. tapi sayang nih gua ga bisa masuk kesana, karena goa itu tergenang didalam air laut. mulut gua depan belakang terbuka. belakang buat pengunjung kaya gua, depan mengarah langsung ke laut jawa. oia, terbukanya secara alami ya, engga dibuat buat hahaha. keistimewaannya lagi, didalem goa kelelawar ini juga, ada ikan hiu kecil2 yang nunggu kelelawar yang hinggap diatap goa ini jatoh. nah kalo udah jatoh, dimakan sama hiu nye. ya didalem goa ini memang terjadi rantai makanan secara alami. ya tapi buat yang enggak tahan sama bau pipis atau guano (eek kelelawar) dari kelelawar itu bisa-bisa pingsan kali ye. baunya buset. dilihat boleh loh :)

trip ketiga:
ya itulah trip kedua. fuh. sekarang trip ketiga nih. trip ketiga ini saya jalan masih ke banten. tepatnya di pulau dua dan rawadanau. APAAN TUH?! ya gitu deh. trip kali ini rada ngebosenin sih. kegiatan gua disana hanya bird watching, telusur hutan mangrove. nah nih liat aje pulau dua kaya ape ye! 

terus terus teruuuuus, gua ke rawadanau hahaha -_- ini cantik banget. ada rawa ditengah gunung-gunung. terus jalan kesananya naek perahu yang hampir mau kelelep gitu. seru deh kaya dikalimantan kalimantan gitu hahahaha kalo yang rawadanau seperti ini kurang lebih! 

trip keempat:
ya trip ini sangat mendadak. sepulangnya saya dari rawadanau itu hari selasa. hari rabu masuk buat bikin laporan, hari kamis sampe senen off karena paskah. eh pas selasa masuk, dikasi liputan lagi pergi ke acara pelatihan survival kartini jungle survival. ya mak jang! dan perginya pun hari senin. itu artinya gua cuma dikasih waktu seminggu buat napas dan bikin skrip. ya oke sip :/ 

oke biar saya jelaskan. kartini jungle survival itu adalah acara tahunan yang dibuat oleh yayasan survival indonesia dan memanfaatkan moment hari kartini. ngerti gak? iye jadi kaya pelatihan ditengah hutan gitu sih sebenernya, bagaimana lo bisa tetep survive bertahan hidup ditengah hutan dengan peralatan dan kondisi yang sangat minim. hem. 

ini pertama kalinya gua naik gunung, acara diadain di gunung geger bentang yang berada di bawah kaki gunung gede pangrango. jangan lo pikir ini dikaki terus hidup gua santai. kaga! ya lumayan juga ya bawa tas carrier 45liter. yang biasanya cuma bawa ransel distro (kalo kata mimi-_-) kali ini bawa carrier. 

ya kuat enggak kuat ye. gua aja ga nyangka gua bakal se-powerful itu. ya beban pikiran gua enggak seberat itu sih #ikiopooooooooo

lima hari berada di gunung geger bentang memang mengajarkan gua tough. enggak cuma fisik lo yang dilatih. mental juga. gimana lo harus tetap tenang saat lo berada di level terendah mental lo. lo bisa lebih respek sama temen-temen lo. honestly, gua ga habiskan malam malam gua dengan tidur di tenda darurat yang hanya terbuat dari dedaunan aja. gua tidur ditenda bareng crew yang lain, itu aja gua masih menggigil kedinginan kalo malem. tapi pas pagi gua tanya temen temen yang tidur di tenda darurat itu, mereka cuma ngejawab: "nyenyak kok, enak lagi anget". Oh.

banyak pengalaman baru yang gua lewatin di KJS, ketemu temen temen baru. link baru (iya link, yang akhirnya sekarang program gua, on the way mau kerjasama sponsoran sama eiger hoahahahaha) dan yang pasti mah pengalaman baru. lo belom pernah ngerasain makan jamur langsung dari hutan kan? lo belom pernah ga mandi 5 hari 5 malem kan? lo belom pernah nyebrangin danau pas lagi dapet hari pertama kan? disini gua nyoba buat repling, ya olahraga nurunin tebing yang pake harnest, gua juga ngerasain gimana rasanya eek harus gali lobang tutup lobang sampe gua kangen sama kloset dan gua ngerasain gimana rasanya megang megang dan main main sama uler sampai akhirnya dipatok uler....................gua ga pernah ngebayangin sebelumnya kalo gua bisa melakukan itu semua.

trip kelima:
hem trip kelima kemana ye?

oh ke muara angke doang. sonoh jakarta utara. tayangannya masih tayang kok minggu ini. kalo mau lihat aja sendiri di Daai TV kalo hari senin jam setengah enam sore, selasa jam sebelas malem, rabu jam setengah satu siang, jumat jam tujuh pagi, sabtu jam sembilan malem, minggu jam sebelas siang. ih malu. hahahaha!

udah deh. mau tau gua kemana lagi? MANGKENYE NONTON SAHABAT ALAM YE! ;;)

20.2.12

14 feb-20 feb: Antara Banten dan Krakatau

Kali ini adalah cerita saya tentang liputan pertama saya sebagai seorang reporter di daai tv untuk program sahabat alam... Lokasi untuk liputan pertama saya adalah hutan konservasi Carita dan jejak-jejak letusan gunung krakatau. Ya sebagai reporter baru saya hanya dikasi izin untuk liputan di sekitar pulau jawa saja.............

Berangkat tanggal 14 februari 2012 saat hari Valentine. Tsailah. Tempat pertama yang saya datangi adalah mercusuar anyer. Mercusuar setinggi 65 meter dengan 17 lantai ini adalah mercusuar yang kedua setelah mercusuar pertama atau yang biasa disebut mercusuar bata itu hancur terkena gelombang tsunami dari letusan gunung krakatau pada tahun 1883. Mercusuar yang pertama ini dibangun pada tahun 1806 diatas pemerintahan Daendels saat membuat jalan anyer panarukan.



(Prasasti Anyer-Panarukan yang berada ditengah mercusuar yang pertama)


(Mercusuar anyer yang kedua, dibangun pada tahun 1885 saat pemerintahan kolonial belanda dibawah pimpinan Z.M Willem III)

Letak dari mercusuar anyer yang berdekatan dengan pnati membuat saya mencoba hal baru: Bermain dengan teripang hahahaha. Ternyata lucu ya teripang itu. Bulat lonjong kalo dipegang bisa mengeras dan mengeluarkan cairan. WEW. HAHAHAHA.eh.


(Teripang atau timun laut merupakan salah satu komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang)



Tempat kedua yang saya datangi adalah Taman Wisata Alam Carita. TWA yang dominan ditumbuhi pohon meranti ini dulunya merupakan hutan lindung. Dan didalam TWA ini ada sebuah curug yang dinamakan curug gendang. Menurut saya, curug-nya bagus hahaha. Konon katanya, dibalik air terjunan dari curug ini terdapat goa.
perjalanan sejauh 3,5 km dari pintu kawasan TWA ini terasa agak melelahkan ya. apalagi buat saya yang memang tidak ada background pecinta alam, jarang-jarang bisa tracking begini. ohok. ya nafas sedikit megap-megap......tapi saya tidak patah semangat sahabat! wes elah! ditengah jalan saya ketemu sama kera, sama tupai dan sama lutung....saya dilemparin buah kecapi ya itu artinya mereka ga suka kita deket2 mereka, makanya mereka ngelemparin kita pake kecapi....bah.

Setelah dua hari berada di TWA Carita, perjalanan kembali dilanjutkan dan kali ini saya masih melanjutkan mencari jejak dari letusan gunung krakatau. wes. Ya akhirnya kami bergerak ke arah Banten Lama. Di Banten Lama saya mendatangi Benteng Speelwijk, Masjid Pacinan dan Vihara Avalokitesvara. Di ketiga tempat ini ternyata memiliki pengalaman dan menjadi saksi dari dasyatnya letusan gunung krakatau saat itu. Menara masjid pacinan pun saat ini terlihat berdiri miring, menurut narasumber, kemiringan ini disebabkan dari guncangan letusan krakatau yang sangat hebat. Beda cerita lagi untuk Vihara Avalokitesvara, vihara ini menjadi tempat berlindung bagi masyarakat sekitar saat itu, dan ajaibnya, masyarakat yang berlindung didalam vihara tersebut selamat karena air dan lava tidak menembus kedalam vihara sedikitpun.



(lilin-lilin tempat sembahyang pada Vihara Avalokitesvara)


(Pemakaman orang-orang eropa yang ada di Benteng Speelwijk atau dikenal dengan Kherkoof)

panas apa engga? YA TENTU SANGAT PANAS SEKALI SODARA SODARA!!
kulit hitam.....
terbakar....
kulit terasa perih.....
dan yang paling parah, muka belang.....
gimana belangnya? jidat dan hidung hitam, tapi pipi masih aga cokelat-cokelat.
apalah artinya perawatan selama dua tahun T.T

tapi ya tak apa....
tunggu postingan liputan selanjutnya ya!
dan jangan lupa, episode ini akan tayang tanggal 24 dan 31 Maret 2012!

((:

19.1.12

10:52






















Terkadang helaan nafas
dan air-air yang keluar dari mata
tidak cukup untuk menjelaskan mengapa ada rasa
...............

15.1.12

Kamar baluuuuuu

Saat ini jam laptop menunjukkan pukul 09:45 PM tapi heran gua belom ngantuk padahal besok hari senin yang artinya gua harus bangun pagi buat berangkat kerja dan sebelumnya, siang tadi gua beres-beres kamar.

YAK! Officially hari ini, gua pindah kamar ke kamar yang baru.
dan itu juga penyebab gua ga bisa tidur.
masih berasa asing hehehe,

kenapa pindah?
gua merasa kamar gua yang lama terlalu besar buat ukuran gua
gua merasa kamar gua yang lama udah berantakan banget buat diberesin
gua merasa bosan dengan kamar gua hahaha :D

dan saat ini, gua sedang berada dikamar baru.
kamarnya belum seratus persen selesai.
belum ada colokan listrik.
jadi.....
belum ada tivi
belum ada radio
belum ada tape
dan yang pasti belum ada ac -_-

kamar gua yang sekarang lebih kecil
menurut gua lebih nyaman,
kamar gua yang sekarang lebih rapih
menurut gua juga lebih nyaman,
kamar gua yang sekarang mengarah ke halaman rumah
menurut gua, it'll make me feeling fresh,
kamar gua yang sekarang gua atur menurut keinginan gua

yaa, new bedroom, new hope :D